Tuesday, May 21, 2013

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER KALAU TIDAK ADA TAMPILAN DAN SUARA PIPPPPPP... YANG PANJANG

Pada seai ini saya akan, merikan kepada teman2. Cara memperbaiki pc yang tidak mengeluarkan tampilan dan suara , pada saat teman2 menyalakan pc teman2.

Kemarin pc saya . Pada saat saya menyalakannya ternyata pc saya tidak mengeluarkan tapilan pada monitor pc. Dan akhirnya saya mebuka casing ps dan saya membuka prosesornya dan membersihkannya, dan menyalakannya kembali dan ternyata sama saja , mungkin saya harus mengganti nya.

Ya, langsung saja pada TOPIK nya.

Gejala kerusakan ini adalah led indikator nyala, layar tidak ada tampilan dan speaker tidak mengeluarkan bunyi/suara. Letak kerusakan pada kasus ini ada pada prosessor (processor).




Nah, ini langkah2 perbaikannya adalah sebagai berikut :
    coba klik gambar ini dan perhatikan gambar nomor 5 itulah prosesor
  1.  Pastikan kondisi monitor dan speaker baik.
  2. Mulai memeriksa bagian prosessor.
  3. Matikan komputer
  4. Lepas semua konektor yang menempel pada casing CPU, seperti konektor power, keyboard, mouse, monitor, printer, dll.
  5. Buka casing CPU dengan melepas semua sekrup yang ada.
  6. Perhatikan komponen prosessor dengan fan (kipas) di atasnya.(lihat disamping ini)
  7. Perhatikan komponen prosessor dengan soketnya.(coba perbesar gambar dan perhatikan gambar nomor 5 pada gambar dibawah samping ini)
  8. Lepaskan prosessor dari soketnya, yaitu dengan cara melepaskan kaitpengunci ke atas, kemudian ankat prosessor. kait pengunci itu berada pada disamping prosessor. (coba perhatikan gambar prosessor yang sdh dilepas) 


    9.  Bersihkan kaki2 prosessor. kaki prosessor itu. kalau kita balik prosessornya , pasti kita lihat semacam
         jarum tapi dia tidak tajam. itulah kaki prosessor.
  10.  Bersihkan pila soket prosessor. (coba perhatikan gambar disamping)
  11.  Pasang kembali prosessor dengan benar (jangan sambai terbalik). sebelum   
         melepaskan prosesor coba perhatikan tanda pada sudut2 prosessor jangan
         sampai lupa itu.
 12.   Pastikan kondisi prosessor dalam keadaan baik, jika mati, ganti dengan yang
         baru.
 13.   Pasang semua konektor yang tadi dilepas dan pasang casing dan hidupkan komputer kalu belum
         membaik, kemungkinan kerusakan pada komponen ROM BIOS atau kristal, atau chipset. silahkan
         mengantinya apabila ada dipasaran kalu tidak ada berarti solusi terakhir adalah menganti satu blok
         matherboard tapi saran saya adalah membeli baru komputer karenamunkin saja tidak ada matherboar
         yang sama dengan milik kita yang rusak tadi ,itu cuman saran saja dari saya.

Perhatian : cara diatas hanya untuk kalau komputer mengalami "TIIDAK MENAMPILKAN GAMBAR DAN BUNYI PADA SAAT DINYALAKAN"

KALAU ADA KEKURANG MOHON DI KOREKSI


No comments:

Post a Comment