Tuesday, March 5, 2013

INTERNASIONAL

Obama Berharap APEC Jadi Obat Perekonomian AS

Metrotvnews.com, Honolulu: Sejumlah pemimpin yang datang ke Konferensi Tingkat Tinggi kerja sama ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS), Sabtu (12/11), berjanji akan mendorong pertumbuhan ekonomi dunia.

Pertemuan itu digelar untuk melindungi negara anggota APEC dafri resesi ekonomi global. Selain itu dalam pertemuan itu, mereka juga berjanji akan menjalin hubungan kerja sama dan perdagangan yang lebih bebas.

KTT kali ini dianggap sangat penting bagi AS. Sebab, pemerintahan Obama telah merasakan sengatan resesi di negaranya. Salah satunya dalam masalah pengangguran. Obama berharap, sekitar 21 anggota APEC dapat menjadi obat bagi negaranya, melalui peningkatan perdagangan di antara mereka.

Sementara, situasi di luar pertemuan berlangsung panas. Petugas keamanan KTT menjaga konferensi dengan ketat. Sebab, pengunjuk rasa Occupy Honolulu, mengadakan aksi hanya beberapa kilometer dari hotel tempat para delegasi menginap. Demonstran terus berdemo menolak kehadiran negara-negara APEC.(****)

No comments:

Post a Comment