Saturday, March 16, 2013

Ditegur SBY soal Bawang, Ini Tanggapan Mentan
 
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian Suswono angkat bicara soal teguran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait melambungnya harga bawang putih dan bawang merah. Suswono akan menjelaskan ke Presiden.
DANY PERMANA Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Menteri Pertanian Suswono (kanan) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (13/2/2013). Suswono dipanggil Presiden untuk menjelaskan prosedur dan mekanisme perizinan impor daging. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA"Hari Rabu kemarin, kami dan Kementerian Perdagangan sudah melakukan rapat bilateral. Memang hasilnya belum sampai ke Presiden karena kami harus menyampaikan terlebih dahulu ke Menteri Perekonomian. Ternyata Pak Hatta Rajasa belum kembali dari kunjungannya ke Irak," kata Suswono saat ditemui di kantornya, Cilandak, Jakarta, Jumat (15/3/2013).
Dalam rapat bilateral dua Kementerian ini, Suswono mengatakan bahwa sudah ada kesepakatan tentang bagaimana mengatasi supply bawang putih dan bawang merah yang kurang di pasaran sehingga menyebabkan dua harga komoditas ini menjadi melonjak. Selain itu, dua Kementerian ini juga sudah sepakat untuk menjadikan perizinan menjadi satu atap.
Namun, untuk keputusannya baru akan diputuskan di rapat koordinasi dengan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa sore ini, jika Hatta sudah kembali dari Irak. "Kami memang dalam posisi menunggu. Termasuk bagaimana penyikapan bawang putih yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Nanti akan kami lihat, apakah barang tersebut memiliki izin atau tidak. Kan Rekomondasi Impor Produk Holtikultura (RIPH) sudah dikeluarkan semua," ujarnya.
Jika Hatta kembali nanti sore dari Irak, maka apa yang sudah dibicarakan dengan Kementerian Perdagangan Rabu lalu bisa diputuskan segera, khususnya soal rencana impor bawang putih, layanan perizinan menjadi satu atap (apakah secara fisik atau secara online) dan beberapa keputusan lainnya.
SBY pada pertemuan dengan para pemimpin redaksi dari belasan media massa pada Jumat ini, sempat menyinggung masalah melambungnya harga bawang merah dan bawang putih. SBY bercerita sudah memarahi para menteri maupun pejabat terkait yang mengurusi masalah bawang saat sidang kabinet terbatas pada Kamis kemarin. 

 Editor :Ana Shofiana Syatiri

TERKAIT:

No comments:

Post a Comment